Ada banyak Peluang Bisnis Milenial yang bisa kamu dijalani di tanpa harus mengeluarkan modal besar alias model kecil untung banyak.

Jenis bisnis milenial apa sih yang bisa dijalankan dengan modal kecil untuk mendapatkan untung besar? Mungkin ini salah satu pertanyaan beberapa anak muda masa kini yang mulai memikirkan masa depannya dari jauh-jauh hari.

Menjalankan sebuah bisnis sejak muda bukan lagi menjadi sesuatu yang dianggap aneh. Menjalankan bisnis milenial selain harus melek teknologi dan menjadi lebih kreatif.

Peluang Bisnis Milenial
Peluang Bisnis Milenial

Apa Itu Bisnis Milenial ?

Bisnis Milenial adalah sebuah bisnis yang dijalankan oleh generasi Milenial.

Pengertian generasi milenial sendiri yakni, sebutan bagi mereka yang lahir di rentang tahun 1977 – 1995.

Dimana di era saat ini, Anda yang masuk dalam golongan milenial sudah ada di usia yang sangat produktif untuk bekerja, namun meskipun demikian ada juga yang memilih untuk membangun bisnis dari nol.

Tentu saja hal tersebut sejalan dengan karakter milenial yang lebih suka kebebasan, tidak suka dikekang, tidak suka terikat dengan jam kerja yang biasa diterapkan di sebuah instansi atau perusahaan-perusahaan, kreatif, dan lebih suka mengepresikan diri mereka.

Pertanyaannya, peluang bisnis seperti apa yang cocok dengan karakter generasi milenial?

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis milenial modal kecil yang menguntungkan bisa Anda coba jalankan.

Ide dan Peluang Bisnis Milenial yang Menguntungkan

Ide dan Peluang Bisnis Milenials
Ide dan Peluang Bisnis Milenials

Pada umumnya hal tersebut lebih disukai oleh anak muda jaman now yang pada dasarnya suka sekali dengan hal-hal yang serba instan dan cepat.

Meski demikian, untuk mencapai sebuah kesuksesan tentu saja tidak bisa dilakukan dengan mudah dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Butuh usaha, kerja keras, kreatifitas, dan sifat pantang menyerah.

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang seluk-beluk bisnis Milenial yang bisa dijalani hanya dengan mengeluarkan modal yang kecil dan tentunya terjangkau untuk semua kalangan.

Berikut ini referensi yang akan pejwan bagikan kepada teman-teman semua yang ingin memulai bisnis.

1. Menjalankan Bisnis Kuliner

Kuliner pada dasarnya menjadi jenis bisnis milenial yang cukup menarik untuk dicoba.

Kenapa?

Karena sampai kapan pun dunia kuliner tidak akan pernah habis di makan zaman.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis kuliner ini pun sangat kecil, meskipun demikian peluang bisnis tersebut ternyata menjanjikan keutungan yang lumayan.

Generasi milenial yang terjun ke dunia bisnis kuliner dengan ide-ide kreatifnya dijamin akan membawa bisnis tersebut menuju ke suksesan yang luar biasa.

Akan timbul pertanyaan, Bisnis Kuliner kan butuh tempat, karyawan dan pastinya modal gede ?

Tentu pertanyaan tersebut menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan. Jika zaman dulu butuh biaya dan modal besar untuk membangun bisnis kuliner, namun lain halnya dengan zaman sekarang.

Anda bisa menjalankan bisnis kuliner dari rumah tanpa harus menyewa tempat apalagi mencari karyawan. Anda yang baru memulai usaha kuliner bisa menggunakan jasa pihak ketiga seperti gojek dan grab untuk di listing bisnis kulinernya di aplikasi mereka.

Dengan begitu, Anda tidak butuh modal besar. Hanya butuh niat, konsistensi dan temukan sesuatu yang unik yang ada di dalam bisnis kuliner Anda.

2. Membangun Bisnis Startup

Ini merupakan jenis bisnis yang sedang naik daun, yang pastinya akan sangat menguntungkan sekali untuk dijalankan di tahun 2020.

Bisnis startup sangat sesuai dengan perkembangan zaman yang diikuti dengan kecanggihan teknologi.

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa generasi milenial sangat akrab sekali dengan yang namanya teknologi. Itu artinya, bisnis startup benar-benar cocok dijalankan generasi milenial.

Setiap tahunnya selalu hadir startup dengan berbagai macam jenis menghiasi industri di Indonesia dan dunia. Ada yang sukses dan ada yang harus menelan pil pahit karena salah strategi.

Untuk memulai membangun bisnis startup, jadilah seorang problem solver ditengah banyaknya masalah yang dialami oleh orang lain.

Perlu diketahui bahwa untuk membangun startup diperlukan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, jika Anda memiliki skill/keahlian di bidang programming tentu ini bisa menjadi salah satu modal besar untuk menekan pengeluaran (cost).

Namun jika Anda tidak mempunyai keahlian dibidang komputer, Anda bisa kolaborasi dan ajak teman, sahabat atau siapapun untuk dijadikan mitra partner dalam membangun startup.

3. Membuka Kafe

Tidak hanya di perkotaan besar, kafe saat ini sudah semakin menjamur hingga ke pelosok desa.

Contoh peluang bisnis milenial satu ini sepertinya menjadi pilihan yang tepat untuk memulai usaha karena prospeknya memang sangat menjanjikan.

Apalagi seperti yang kita tahu bersama, kafe sering kali dijadikan sebagai tempat yang paling asyik dan nyaman untuk nongkrong oleh kawula muda.

Anda bisa kerjasama dengan teman, sahabat atau keluarga untuk membuka kafe mengingat biaya yang diperlukan cukup besar.

4. Bisnis Afiliasi

Untuk menjalankan bisnis afiliasi ini tidak hanya mudah, bahkan butuh modal yang sangat sedikit sekali.

Bisnis afiliasi dikenal sebagai bisnis milenial yang menjanjikan, bisnis tersebut cocok dijalankan oleh blogger, vlogger, selebgram dan Anda yang dalam kesehariannya selalu menggunakan internet sebagai kebutuhan sehari-hari.

Mulailah membangun personal branding yang baik dan positif guna menjangkau pasar afiliasi yang Anda inginkan.

5. Jasa Fotografi dan Videografi

Lalu untuk yang berikut ini sepertinya lebih cocok dijalankan oleh mereka yang suka foto-foto berbagai objek menarik. Untuk menjalankan bisnis tersebut, pastikan Anda sudah memiliki kamera mumpuni, printer, dan laptop.

Jangan lupa pula untuk mempelajari teknik fotografi yang baik dan benar untuk menghasilkan jepretan yang keren.

Bagi Anda yang ingin belajar dunia fotografi dan kamera, kami sarankan mengunjungi situs : kamera.id

Bisnis Dokumentasi ini sangat besar jangkauan pasarnya, karena bisa dijangkau mulai dari sektor menengah-keatas.

Beberapa jasa fotografi dan videografi hadir untuk kebutuhan pre/wedding, profile seseorang, profil perusahaan, pembuatan katalog produk, iklan review produk dan kebutuhan industri bisnis lainnya.

Trend Bisnis Milenial Modal Kecil Menguntungkan

Ide dan Trend Bisnis Milenial.png
Ide dan Trend Bisnis Milenial

Trend Bisnis Milenial yang satu ini hadir dengan modal kecil dan terjangkau. Walau begitu, keuntungan yang dihasilkan bisa lebih besar loh.

Beberapa ide dan trend bisnis milenial dengan menggunakan modal kecil adalah sebagai berikut.

1. Cemilan

Contoh bisnis milenial modal kecil yang pertama adalah jualan cemilan atau makanan ringan.

Selain disukai oleh banyak kalangan dari berbagai usia, cemilan bisa dikreasikan dengan berbagai rasa yang unik.

Banyak sekali jenis cemilan yang bisa Anda coba buat, salah satu jenis camilan yang butuh modal sedikit adalah telur gulung yang diberi isian sosis, nugget, jasuke, martabak mini dan masih banyak jenis cemilan lainnya.

2. Kerajinan Tangan (Crafting)

Apabila Anda kebetulan memiliki hobi membuat kerajian tangan, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis bisnis satu ini, yakni crafting.

Modal utama untuk memulai bisnis tersebut adalah kreatifitas untuk menghasilkan produk yang unik dan anti mainstream.

Sementara itu untuk bahan-bahannya sendiri, yakni manik-manik, kain flanel, kain perca, plastik dan lain-lain.

3. Laundry Sepatu

Jika berbicara mengenai peluang bisnis milenial modal kecil, pastinya tidak boleh sampai lupa dengan jenis bisnis satu ini yakni laundry sepatu.

Modal awal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tersebut adalah alat pembersih sepatu dan cairan pembersih. Lalu untuk media promosinya sendiri, Anda bisa manfaatkan media sosial seperti facebook, instagram dan media sosial pendukung lainnya.

4. Blogger

Ini adalah peluang bisnis milenial yang tidak kalah menariknya untuk dicoba. Apabila Anda memang tertarik untuk menjalankan bisnis tersebut, maka Anda bisa mencoba membeli website hosting dan domain.

Dengan begitu blog Anda akan terlihat lebih menarik dan profesional. Tak perlu khawatir, sebab harga hosting dan domain tergolong murah, so tidak akan merogoh kecok Anda dalam-dalam.

Menjadi seorang Blogger yang konsisten dan sepenuh hati nyatanya memberikan dampak positif jika terus digeluti. Anda bisa membangun personal branding melalui blog/situs yang Anda miliki.

Tak heran jika banyak blogger yang menjadi brand ambasador, mitra produk terkenal, mendapatkan endorsement hingga content placement yang dibayar untuk satu kali posting di blog mereka.

5. YouTubers

Menjadi seorang YouTubers ternyata dinilai sebagai salah satu trend bisnis anak milenials yang menjanjikan.

Beredarnya banyak video yang membagikan penghasilan para YouTubers sontak memberikan semangat para anak muda untuk terjun ke platfrom video terbesar di dunia ini.

Nyatanya Anda butuh banyak niat, konsisten dan usaha yang maksimal untuk bisa menjadi content creator terbaik dan YouTubers di Indonesia bahkan dunia. Berikan video yang memiliki nilai positif dan makna dimata para penonton.

Perlu diingat bahwa untuk bisa mendapatkan uang dari YouTube Adsense, Anda harus memiliki 1000+ Subscribers dengan jumlah jam tayang sebanyak 1000 Jam.

6. Online Shop

Trend Bisnis Milenial menyerang ke Online Shop, Pasalnya online shop ini bisa dibuat tanpa harus memiliki modal besar. Anda cukup membuat situs online shop dan isi web tersebut dengan barang yang dijual.

Jika tidak ingin repot, Anda bisa berjualan melalui marketplace seperti shopee, bukalapak, tokopedia dan beberapa marketplace terbaik lainnya.

7. Dropshipper

Dropshipper adalah salah satu ide bisnis anak milenial yang hadir dengan modal kecil-menengah. Modal bisa lebih besar jika Anda melakukan dropshipping barang dengan nilai dan harga yang besar seperti : laptop, HP, barang elektronik dan lainnya.

Banyak dari anak muda milenial yang sukses meraup jutaan hingga ratusan juta hanya dengan menjalankan bisnis dropshipper ini.

8. Arisan Online

Arisan Online menjadi trend peluang bisnis yang booming di awal tahun ini. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjadi Admin dari arisan online. Beberapa arisan yang ramai digunakan bersistem arisan flat dan arisan menurun.

Ada baiknya sebelum memulai bisnis ini Anda harus menguasai strategi, syarat, ketentuan arisan online agar tidak rugi. Mengingat arisan online adalah salah satu bisnis yang memiliki resiko besar.

Ide Bisnis Anak Milenial

  1. Ide bisnis anak milenial yang pertama adalah tetap fokus pada satu peluang bisnis. Dengan fokus maka semua ide dan pikiran akan lebih terarah untuk pengembangan bisnis Anda.
  2. Namun meskipun demikian, pastikan Anda memilih jenis bisnis yang paling disukai, misalnya dengan memulai bisnis dari hobi yang Anda miliki.
  3. Kuasai segala hal mengenai bisnis yang Anda jalankan.
  4. Terus belajar dari pengalaman bisnis orang lain yang lebih dulu meraih kesuksesan.
  5. Apabila saat ini Anda mengalami kegagalan, maka jangan pernah jadikan kegagalan tersebut sebagai alasan untuk berhenti berbisnis. Sebaiknya, terus belajar dari pengalaman tersebut sebab ada kalanya kegagalan mengajarkan Anda untuk menjadi pebisnis yang sukses.
  6. Jangan lupa untuk tetap menjaga keseatan agar bisa lebih produksi dalam menjalankan bisnis.
  7. Mulai melakukan dan buktikan dengan tindakan.

Manfaat Membangun Bisnis Milenial

Manfaat Membangun Bisnis Milenials
Manfaat Membangun Bisnis Milenials
  1. Menjalankan bisnis milenial pada dasarnya bukan perkara yang muda, tetapi bukan tidak mungkin dilakukan. Dengan mencoba menjalankan bisnis milenial maka akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya adalah membangun rasa percaya diri.
  2. Manfaat lainnya adalah Anda akan memiliki banyak kesempatan dan belajar dari kegagalan yang didapatkan dari memulai bisnis milenial tersebut. Kegagalan pada dasarnya menjadi hal yang wajar dalam menjalankan sebuah bisnis. Kegagalan bisa dijadikan sebagai pembelajaran bisnis agar Anda tidak mudah menyerah dan kalah oleh keadaan.
  3. Kaum milenial adalah golongan yang sangat dekat sekali dengan teknologi, mereka pastinya akan selalu mengupdate pengetahuan teknologi terkini. Pengetahuan terhadap teknologi inilah bisa dijadikan sebagai modal utama dalam berbisnis, misalnya dengan menjadikannya sebagai media promosi, pemasaran, dan lain-lain.
  4. Manfaat yang terakhir adalah Anda bisa lebih mudah mengenal dan memahami selera konsumen sesuai usia. Mengenal dengan baik selera anak masa kini dan tahu apa sedang jadi trend pastinya akan sangat menguntungkan bagi pembisnis milenial.

Write A Comment